Apa Itu Adsense atau AdChoices?

Biarpun Kata Google Adsense bisa dibilang sudah cukup bahkan sangat familiar dikalangan Blogger yang berkecimpung di Bisnis Online, tapi gak sedikit juga yang belum tau apa itu Google Adsense, apa fungsinya dan apa yang akan kita dapatkan dari Program milik Google ini.

Atau dengan kata lain, mungkin benar hampir setiap Blogger pernah mendengar kata “Google Adsense”, tapi jarang diantara mereka yang akhirnya benar-benar mencari tau tentang Program milik Google ini, entah karena mereka memang belum atau tidak berminat untuk ikut serta sebagai Publisher atau bisa jadi mereka memang tidak tau sama sekali tentang Program yang satu ini.

Padahal, hampir sebagian besar Blogger Indonesia, justru memanfaatkan Program milik Google ini untuk mencari penghasilan sampingan, bahkan beberapa sahabat saya justru menjadikannya sebagai mata pencarian utama dibandingkan dengan pekerjaan mereka di dunia nyata 🙂 Contoh nyatanya adalah seorang sahabat saya yang kini berprofesi sebagai Dosen disalah satu Universitas Swasta Terkenal di Jakarta, klo dilihat sekilas saya yakin anda pasti mengira bahwa Dosen adalah pekerjaan utamanya, tapi pas saya tanyakan ke orangnya secara langsung, dia malah bilang ini cuma pekerjaan sampingannya, dan justru menjadi Publisher Google Adsense yang disebutnya sebagai Pekerjaan utama hhe… *maaf nama diri serta nama Universitas tidak dapat saya sebutkan

Dan yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah? Apakah program ini memang menghasilkan? Sebagai Publisher Google Adsense, bisa saya bilang Program ini memang sangat menghasilkan, tapi ya klo anda tau cara untuk memanfaatkannya. Karena untuk beberapa orang biarpun mendapatkan Akun Google Adsense mereka anggap sebagai sesuatu hal yang gampang, tapi setelah dapet, kebanyakan dari mereka justru gak tau gimana cara untuk memanfaatkan Google Adsense ini dan menghasilkan Earnings dari program ini. Dan ujung-ujungnya banyak yang justru memilih untuk gak lagi ikutan main di Program ini hhe… 🙂

Untuk itu, dipostingan kali ini saya ingin sedikit mengenalkan Program Google Adsense ini kepada anda semua, dan biar gak disangka hanya nulis tanpa pembuktian, akhirnya Blog ini pun saya pasangi Google Adsense 🙂 karena takutnya, dikemudian hari anda malah balik nanya ke saya mana buktinya? kok Blog ini gak dipasangin Google Adsense? dan lain sebagainya.

Okeh, saya akan mulai menjawab Pertanyaan utama disini, Apa itu Google Adsense? dari tadi saya memang telah memberitahukan kepada anda bahwa Google Adsense adalah sebuah Program miliik Google, tapi secara spesifik, saya memang belum menjelaskan program tentang apa sebenernya Google Adsens itu? Jadi gini, Bisa dibilang Google Adsense adalah program iklan Gratis yang disediakan Google untuk siapapun yang mau mendaftar untuk ikut serta didalamnya, Nha lho, udah jelas-jelas ini Program Gratis kok kita malah Dibayar? terus siapa yang dengan ikhlas membayar kita di program ini? Google kah? sayangnya bukan, karena Google justru ikut mengambil untung dari Program Adsense ini hhe… Lantas siapa yang membayar kita? yang membayar kita dalam Program Google Adsense ini adalah para pengiklan yang menggunakan Jasa Google AdWords untuk menayangkan iklan mereka di Website atau Blog yang digunakan para Publisher untuk memasang kode iklan mereka. Jadi, bisa saya katakan sistemnya saling menguntungkan atau bahasa Biologinya Simbiosis Mutualisme hhe… *hayah

Lantas bagaimana cara kerja Program ini hingga anda bisa dibayar? perlu diingat untuk ikut serta dalam Program ini, anda pun harus lulus seleksi dan Di Approve oleh Google, karena disini Google pun tidak mau mengambil resiko bagi para pengiklannya dengan hanya asal menerima siapa saja untuk menjadi Publisher. Jadi, sebelum ke masalah pembayaran, langkah awal yang harus anda lakukan adalah Mendaftarkan diri anda terlebih dahulu dan pastinya harus nunggu di Approve dulu. Untuk yang mau daftar bisa langsung ke link berikut http://www.google.com/adsense/ atau http://www.google.com/adsense?hl=in. Nha, klo anda sudah mendaftar dan sudah di Approve, anda bisa mengambil Kode Iklan untuk anda pasang di Blog atau Website anda yang contohnya dapat anda lihat pada Sidebar blog ini. Nha, setelah iklan tersebut anda pasang, artinya setiap gerak-gerik visitor dan aktivitas di blog anda akan dipantau secara lansung oleh Google, begitu pun dengan aktivitas klik yang dilakukan oleh para pengunjung ke Iklan yang anda tayangkan. Dan karena Program Iklan Gratis milik Google ini memang bergerak dalam bidang PPC (Pay Per Click), jadi anda sebagai publisher akan dibayar berdasarkan jumlah iklan yang diklik oleh pengunjung anda, dan harga setiap iklan yang di klik bisa sangat bervariasi, jadi emank gak ada kepastian berapa yang akan anda dapet dari 1 kali klik, tapi kembali saya ingatkan tolong jangan pernah sekalipun anda klik Iklan anda sendiri, karena klo anda udah ke Banned, saya jamin bakalan susah banget ngakalin Google untuk kembali menerima anda dalam Program mereka, kenapa saya bisa bilang kaya gitu? karena saya pun sudah 2 kali di Banned dan yang saya gunakan sekarang adalah akun ke-3 ya biarpun saya masih punya cadangan 2 akun lagi wkwkwkwk… *tapi InsyaAllah gak ke banned lagi lah 🙂

Lantas Iklan seperti apakah yang dapat anda tayangkan di Blog atau Website anda? silahkan perhatikan Gambar dibawah ini:

Klo gak keliatan silahkan klik untuk memperbesar. Pada gambar diatas dengan jelas anda dapat melihat bahwa dalam Program PPC-nya ini Google menawarkan anda 5 pilihan, yaitu AdSense untuk Konten, AdSense untuk Pencarian yang masih terus Disempurnakan!, AdSense untuk Umpan, AdSense untuk Domain Dan AdSense untuk Konten Seluler.

Kita bahas satu persatu mulai dari Adsense untuk konten. Bisa saya katakan, Adsense untuk konten adalah pilihan yang paling banyak digunakan oleh para Publisher, kenapa? karena yang bentuknya paling menarik dan mengundang untuk di klik ya pilihan yang satu ini hhe…

Dan di Adsense untuk konten ini, anda diberikan 2 pilihan, yaitu ingin menampilkan Unit Iklan atau hanya Unit Tautan (Link). Berikut contoh masing-masing:

1. Unit Iklan

2. Unit Tautan (link)


Beralih dari pilihan Adsense Untuk Konten, kini saya ingin mengajak anda untuk menengok Adsense untuk pencarian. Apa keunggulan Adsense Untuk Pencarian dibandingkan dengan pilihan lain? keunggulan utamanya adalah anda bisa menghasilkan Earnings dengan ikut juga membantu orang lain mencari Keyword tertentu lewat Search Form yang anda pasang di Blog anda. Dan langkah-langkahnya adalah:

  1. Buat mesin pencari dalam hitungan menit untuk blog anda.
  2. Sesuaikan tampilan iklan dan hasil pencarian.
  3. Sesuaikan hasil dan iklan dengan khalayak dan konten situs Anda.
  4. Dapatkan hasil pencarian situs yang lebih lengkap dengan pengindeksan yang disempurnakan.
Dan bentuk dari Adsense untuk Pencarian adalah kaya gambar dibawah ini:


Nha lho, mana iklannya? kan tadi saya bilang disini sistemnya orang melakukan pencarian baru iklan ditayangkan hhe… jadi misal saya ngetik kata Directory, hasilnya adalah seperti berikut ini:


Nah, coba perhatikan hasil pencarian dari Keyword Directory, jelas terlihat bahwa yang muncul diurutan teratas adalah iklan Adsense itu kenapa sengaja diberikan waran kuning untuk membedakan, dan jika visitor yang melakukan pencarian meng-klik link pada urutan pertama itulah anda akan mendapatkan Dollar 🙂

Selanjutnya adalah Iklan Untuk Umpan, atau nama kerennya Adsense untuk Feed, cuma harus diingat iklan untuk pilihan ini sangat bergantung pada berapa besar pelanggan blog anda yang terus mengikuti update blog anda lewat FeedBurner. Dan karena saya sendiri belum pernah nyobain pilihan satu ini, jadi saya gak bisa banyak cerita kepada anda semua hhe… oiya, klo anda mau menggunakan pilihan ini, nanti Blog-blog yang terhubung dengan Akun Adsense anda akan secara otomatis memberikan keterangan berapa orang yang mengikuti perkembangan blog anda lewat FeedBurner, dan sebagai contohnya ini screen shoot untuk Blog DJ Site yang juga merupakan Blog inti saya:


Gak begitu banyak sih, cuma 666 orang yang mengikuti update DJ Site secara berkala lewat E-mailnya hhe… tapi entah kenapa saya kurang minat membebani pelanggan saya lewat Iklan 🙂

Selanjutnya adalah Iklan untuk Domain. Maksudnya? jadi disini Domain yang anda gunakan untuk bermain dalam program ini haruslah domain yang diparkir atau tidak digunakan, dan anda akan dibayar dari setiap kunjungan ke Domain anda, tapi perlu diingat yang diitung hanya yang mengunjungi domain tersebut secara Direct atau langsung mengetikkannya, dan anda pun tidak diperkenankan mempromosikan domain tersebut apalagi meninggalkan Url Domain tersebut di blog lain jadi klo ada yang masuk ke Domain tersebut lewat referal, itu tetep gak diitung.

Dan terakhir adalah Adsense untuk Konten Seluler atau AdMob, kebetulan saya lumayan suka sama pilihan yang satu ini, apalagi sekarang banyak orang lebih suka pake perangkat Mobile kan untuk urusan Online? hhe… jadi Iklan ini pun bisa dibilang sangat relevan untuk anda tayangkan di blog anda 🙂

Saya kira itu sedikit yang bisa saya beritahukan tentang Program PPC Google Adsense ini, tapi masih ada satu pertanyaan terakhir yang belum saya jawab, yaitu kenapa saya menuliskan Google Adsense atau AdChoices di judul postingan saya kali ini? Jawabannya adalah karena Google Adsense memang sudah secara resmi mengganti Logo serta nama mereka menjadi AdChoice untuk iklan berbahasa Inggris, tujuannya adalah untuk transparansi kepada Publik, untuk lebih jelasnya anda dapat membaca postingan berikut:

 

Okeh, melalui postingan ini, saya harap anda sedikit bisa memahami Apa itu Program Google Adsense hhe… Dan untuk anda yang mungkin ingin menambahkan saya persilahkan di kotak komentar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s