Cara Membuat dan Menampilkan Favicon Di Blog WordPress

Cara membuat dan menampilkan favicon pada blog WordPressFavicon adalah sebuah gambar icon dari sebuah website yang akan muncul pada browser pengguna saat mengunjungi website tersebut.Contohnya Anda bisa lihat favicon blog bisnis online ini pada browser ini yang bergambar icon karikatur saya.:D

Dengan menggunakan favicon ini maka blog Anda akan lebih branded dan lebih professional serta akan memudahkan pengunjung untuk bernavigasi jika menggunakan lebih dari satu tab pada browsernya ketika mengakses website-website lainnya selain blog Anda.

Favicon juga akan memberikan identitas atau ciri khas pada blog Anda sehingga akan terlihat bedanya dengan blog-blog lainnya asalkan gambar Anda tidak ada yang menyamainya dan memang menggambarkan dari nama domain maupun topik blog Anda.

Saya sendiri banyak melihat blog-blog yang tidak menggunakan favicon ini entah mungkin karena menganggapnya tidak terlalu penting atau memang tidak tahu cara membuatnya, namun percaya atau tidak, favicon bermanfaat untuk membranding blog Anda, apalagi jika itu blog personal Anda, blog make money online atau lainnya yang bisa memberikan kesan pertama bagi visitor baru blog Anda.:)

Sudahkah blog Anda menggunakan favicon ini? Jika belum, mengapa tidak menggunakannya? untuk cara membuat dan menampilkannya pun tidak terlalu sulit. Berikut ini cara membuat dan menampilkan favicon untuk blog WordPress Anda

  • Langkah pertama Anda harus memiliki gambar mentah berformat JPG atau PNG berbentuk bujur sangkar entah itu berukuran 50×50, 100×100 dst agar posisi gambar bisa sempurna saat diconvert menjadi file .ico yang akan digunakan untuk favicon blog Anda. Akan lebih baik jika Anda mahir menggunakan software Photoshop sehingga Anda bisa merancang gambar favicon Anda sendiri. Jika tidak, Anda mendapatkan gambar favicon yang sudah siap pakai dan tinggal download di iconfinder.com
  • Setelah gambar untuk favicon siap, kini saatnya menconvertnya menjadi file .ico agar bisa ditampilkan diblog Anda. Caranya silahkan menuju ke http://tools.dynamicdrive.com/favicon dan upload file gambar yang akan dibuat menjadi favicon.
  • Setelah selesai silahkan download favicon yang sudah jadi dengan menekan tombol download favicon dan simpan di komputer Anda.
  • Selanjutnya upload favicon tersebut ke blog Anda menggunakan menu Media – Add New dalam admin dashboard Anda. Setelah terupload jangan lupa untuk mengcopy URL file faviconnya karena akan kita gunakan untuk memanggil file ini agar muncul sebagai favicon dibrowser pengguna.
  • Selanjutnya kita perlu menempatkan kode ini pada file header.php antara kode tag <head> dan </head> pada theme Anda.
  • Setelah itu klik save dan silahkan coba akses blog Anda. Jika belum muncul berarti itu karena cache dari ISP internet Anda. Solusinya coba refresh halaman dengan menekan CTRL+F5.

Oya, karena kita meletakan langsung secara manual pada file theme WordPress, maka jika Anda melakukan penggantian theme, Anda harus menempatkan ulang kode tersebut pada file theme baru yang Anda gunakan.

Jika ingin lebih simple, Anda bisa juga menggunakan plugin untuk memunculkan favicon pada blog Anda secara otomatis tanpa perlu utak-atik kode file header.php theme Anda. Untuk ini, silahkan search saja pluginnya di direktori plugin blog WordPress Anda dengan kata kunci “Favicon Generator”.

Bagaimana dengan blog Anda? apakah sudah menggunakan favicon atau belum?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s