Inter Permalukan Juventus di Kandangnya

INILAH.COM, Turin – Rekor tak terkalahkan Juventus dalam 49 laga terakhir terhenti di tangan Inter Milan. Juve dipermalukan Inter 1-3 di kandangnya sendiri, Juventus Arena, Minggu dini hari (4/11/12) WIB.

Juve mencetak gol pembuka hanya dalam waktu 30 detik lewat sontekan Arturo Vidal, namun Inter membalas tiga gol di babak kedua dua diantaranya dicetak Diego Milito dan satu oleh Rodrigo Palacio.

Asisten pelatih Juventus, Angelo Alessio, yang menggantikan tugas pelatih Antonio Conte selama menjalani sanksi terkait kasus atur skor, menurunkan formasi 4-4-2 dengan menduetkan Mirko Vucinic dan Sebastian Giovinco, yang disokong Arturo Vidal dari lini kedua.

Pelatih Inter, Andrea Stramaccioni, menurunkan formasi 3-5-2 dengan mengandalkan Antonio Cassano dan Diego Milito di lini depan, didukung Rodrigo Palacio sebagai penyerang lubang.

Juventus hanya butuh 30 detik untuk mencetak gol pertamanya. Umpan pendek satu sentuhan yang dilakukan Pirlo dan Asamoah meloloskan Asamoah dari jebakan offside. Gelandang asal Ghana itu kemudian mengirimkan umpan silang datar dari sayap kiri, yang kemudian dikonversi menjadi gol lewat sontekan Vidal. Kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk Juve.

Si Nyonya Tua nyaris mencetak gol kedua enam menit kemudian. Pirlo melepaskan terobosan lambung ke kotak penalti Inter, yang disambut tendangan first time Marchisio. Beruntung bagi Inter karena kiper Handanovic berhasil menepis bola tendangan lawan.

Peluang dengan skenario yang sama terjadi satu menit kemudian. Umpan terobosan lambung Pirlo kembali disambut Marchisio dengan tendangan voli di dalam kotak penalti. Lagi-lagi Handanovic bertindak sigap untuk menepisnya.

Inter berhasil menggetarkan jala Juve lewat sundulan Palacio pada menit ke-12. Sayang, hakim garis memergoki sang gelandang berada dalam posisi offside saat menyambut umpan silang Nagatomo.

Nerazzurri mencoba menekan di paruh kedua babak pertama namun disiplinnya pertahanan Juventus membuat Rodrigo Palacio dkk kesulitan menembus kotak penalti lawan. Sementara upaya mereka lewat sayap dengan mudah dimentahkan Giorgio Chiellini Cs.

Juve lebih banyak bertahan di sisa babak pertama dan berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 hingga 45 menit pertama usai, meski Inter mendominasi jalannya laga 58 berbanding 42.

Juve memperketat pertahanannya di babak kedua. Kedua bek tengah Bianconeri nyaris tak pernah meninggalkan sepertiga lapangan yang menjadi wilayah pertahanan Juventus. Ini membuat Inter kesulitan membuka celah lewat serangan balik.

Peluang emas akhirnya didapat Inter pada menit ke-57. Aksi Marchisio menarik baju Cambiasso hingga gelandang Nerazzurri itu terjatuh di kotak penalti langsung ditanggapi wasit dengan menunjuk titik putih. Milito dengan dingin mengeksekusi hukuman tersebut, mengirim bola ke sudut kanan atas gawang Juve yang tak terjangkau Buffon. Kedudukan kembali imbang 1-1.

Inter akhirnya berbalik unggul pada menit ke-75 lewat serangan balik yang dipimpin Guarin. Dengan berani, Guarin membawa bola dari daerah pertahanan Inter hingga ke depan kotak penalti Juventus. Tendangannya ke sudut kanan bawah gawang Juve masih bisa ditepis Buffon, namun bola muntah segera disambar Milito, mengubah tampilan papan skor menjadi 1-2 untuk Inter.

Inter memastikan kemenangannya dengan mencetak gol ketiga pada menit ke-90. Kembali berawal dari serangan balik, Nagatomo yang menguasai bola di depan kotak penalti memberikan terobosan kepada Palacio. Sontekannya sempat ditepis Buffon namun bola tetap bergulir ke dalam gawang. Kedudukan 1-3 bertahan hingga usai.

Kekalahan ini menjadi yang pertama bagi Juventus sejak 49 laga terakhir. Meski demikian, mereka masih bertahan di puncak klasemen dengan 28 poin dari 11 laga. Sementara bagi Inter, tambahan tiga poin ini memperpendek selisih mereka dengan Juve menjadi tinggal satu poin saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s