Tiga dari Empat Ponsel Cerdas Pakai Android

TEMPO.CO, Jakarta – Tiga dari empat ponsel cerdas di caturwulan ketiga menggunakan sistem operasi mobile dari Google Inc, Android. Kesimpulan tersebut diambil berdasarkan penelitian terbaru terhadap jarak basis ponsel antara aplikasi Google dan Apple.

Menurut firma riset industri IDC, pada caturwulan ketiga ini, pengiriman ponsel cerdas berbasis Android; produsen Samsung, HTC, dan vendor lainnya; meningkat dua kali lipat, mencapai 136 juta unit.. Pangsa pasar ponsel berbasis Android pun meningkat menjadi 75 persen dari semula 57,5 persen pada periode yang sama tahun lalu .

Adapun pangsa pasar Apple meningkat menjadi 14,9 persen dari 13,8 persen. iPhone Apple menggunakan peranti lunak buatannya sendiri, iOS mobile.

Saat Android menekan iOS Apple, sistem operasi rival lainnya, Symbian dan BlackBerry, menurun tajam. Analis IDC, Kevin Restivo, mengatakan, Android bersaing ketat dengan Google dalam hal layanan online, termasuk pencarian online dan peta– menjadi aset yang membantu Android lebih digemari.

“Google telah berkembang menjadi produk multi-tampilan. Sedangkan sistem lainnya tidak banyak menampilkan kelebihannya,” Restivo memaparkan laporan IDC, yang dikeluarkan Rabu lalu. Google menawarkan sistem operasi gratis Android kepada perakit ponsel, dan mendapatkan uang utamanya dari iklan online ketika pelanggan mengakses layanan dalam perantinya.

Sistem operasi BlackBerry dari Research In Motion hanya memperoleh 7,7 persen pangsa pasar di caturwulan ketiga, jatuh dari 9,5 persen tahun lalu. Symbian, yang punya 14,6 persen pangsa pasar tahun lalu, hanya tinggal 4,1 persen. Ponsel cerdas buatan Nokia ini masih mengandalkan peranti lunak Symbian untuk ponselnya, namun juga menjual peranti lunak buatan Microsoft Corp.

Peranti lunak versi mobile milik Microsoft menguasai 3,6 persen pasar ponsel cerdas. Namun, IDC mengatakan, sistem operasi baru Microsoft Phone 8 dapat meningkatkan posisinya di pasar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s