Gelar Budaya Nusantara Lestarikan Budaya Indonesia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ritual adat di tanah air yang beragam tampaknya menjadi andalan dalam Gelar Budaya Nusantara 2012 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur. Gelar Budaya Nasional 2012 adalah sebuah acara yang menampilkan banyak kesenian budaya dari berbagai provinsi di Indonesia. Acara ini diikuti oleh 8 komunitas adat di Indonesia. Tema Gelar Budaya Nasional 2012 adalah ‘Ritus-ritus Pangan Nusantara’.

Gelar Budaya Nusantara 2012 resmi dibuka oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti.

“Tujuan Gelar Budaya Nusantara ini selain untuk seni tradisi yang kita miliki hidup lestari dan terus berkembang, saya percaya dari senilah benteng tradisi bisa dipertahankan,” ungkap Wiendu Nuryanti saat pembukaan di Monumen Tugu Api Pancasila, TMII, Jakarta Timur, Sabtu (27/10/2012).

Gelar Budaya Nasional 2012 ini akan digelar selama 3 hari, mulai 27-29 Oktober 2012, dan menampilkan kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia. Sebut saja Upacara Randang Lingko dari Manggarai, NTT, Upacara Adat Dumaan dari Suku Dayak Kayaan Bahau di Kalimantan Timur, dan Ritual Kebo-keboan dari Banyuwangi.

Acara dimulai dari pagi sampai magrib di Tugu Api. Malam harinya, acara dilanjutkan dengan pertunjukkan seni di arena panggung, tak jauh dari Tugu Api TMII. Nantinya, acara akan ditutup dengan pertunjukan wayang.

Dalam acara pembukaan, sejumlah kesenian daerah mulai dipertunjukkan. Ada Reog Ponorogo asal Jawa Timur dan Topeng Ireng asal Gunung Merapi Yogyakarta.

Banten pun turut memamerkan keseniannya lewat Upacara Saren Taun. Upacara ini adalah wujud rasa syukur masyarakat Banten atas hasil panen melimpah yang telah diberilkan Tuhan. Upacara Saren Taun dilakukan oleh komunitas adat dari Kasepuhan Cisungsang, Banten.

Selain menampilkan budaya dan adat dalam negeri, Gelar Budaya Nusantara 2012 juga dimeriahkan beragam kebudayaan asal mancanegara seperti Meksiko, India, Filipina, AS dan Venezuela.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s