Mencegah Dinding Rusak

    STRUKTUR dan dinding rumah sangat vital untuk kekokohan dan kekuatan rumah. struktur juga mampu membuat rumah tahan terhadap kemungkinan perubahan cuaca ; hujan, panas, dan angin. kalau anda perhatikan struktur dan dinding rumah merupakan satu kesatuan kerangka yang rigid, dan saling berhubungan satu sama lain. jika satu bagian terganggu maka bagian lain juga akan terkena dampaknya, misalnya balok melengkung atau kolom yang retak.

       komponen struktur terdiri dari fondadi, sloof, kolom, dan ringbalk, serta rangka ata. seluruh komponen struktur tersebut harusnya mampu menahan beban aksial (beban dari atas) maupun beban lateral (beban dari samping) agar tetap kokoh berdiri.

      berikut probelm solving yang biasanya dialami pada struktur sekaligus dindinh rumah yakni;

  1. Balok pengaku (ringbalk) melengkung : Ringbalk atau balok atas berfungsi sebagai penahan sekaligus penyalur beban lantai dan dinding di atasnya menuju kolom dan diteruskan ke fondasi, jika balok tersebut tidak disangga oleh dinding, biasanya balok tersebut akan bereaksi melengkung. lain halnya jika balok disangga oleh dinding, beban balok akan disalurkan secara merata ke dinding, tidak dipikul sendiri.

PENYEBAB :  

  • jarak batangan ringbalk yang terlalu lebar, dimensi balok yang terlalu kecil.
  • beban rangka atap atau pelat lantai yang pikul balok atas terlalu besar
  • pengerjaan kontruksi yang salah (campuran beton yang tidak berimbang maupun jarak sengkang pengunci tulangan baja yang terlalu lebar/tidak sesuai perhitungan)

SOLUSI

  • memberi kekuatan berupa kolom penyangga baru di bawah ringbalk. bertujuan agar kolom mampu memperkecil jarak bentangan yang terlalu lebar
  • jika bebrupa retak rambut yang tidak berbahaya dapat dilakukan pemberian injeksi semen agar tulang baja ringbalk tidak mengalami korosi.
  • jika ringbalk rusak parah, lakukan perbaikan dan perbesaran dimensi ringbalk dengan perkuatan pada bagian luar.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s