Wayang Kampung Sebelah Tutup Gelar Budaya Nusantara 2012

“Tujuan Gelar Budaya Nusantara ini selain untuk seni tradisi yang kita miliki hidup lestari dan terus berkembang.”

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang kaya akan budayanya. Karena itu banyak potensi kekayaan budaya yang dapat menarik para wisatawan asing bertandang ke tanah air. Bahkan wisatawan lokal pun kini telah banyak melirik untuk mengunjungi kebudayaan lain di Indonesia daripada bertandang ke luar negeri.

Untuk memperkenalkan budaya-budaya di tanah air, digelar acara Gelar Budaya Nusantara 2012 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Acara tersebut bertema “Ritus-ritus Pangan Nusantara”. Gelar Budaya Nusantara 2012 ini diikuti oleh 8 komunitas adat di Indonesia.

“Tujuan Gelar Budaya Nusantara ini selain untuk seni tradisi yang kita miliki hidup lestari dan terus berkembang, saya percaya dari senilah benteng tradisi bisa dipertahankan,” kata Wiendu Nuryanti, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia bidang kebudayaan saat pembukaan di Monumen Tugu Api Pancasila, TMII, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Acara yang diselenggarakan Direktorat pembinaan Kesenian dan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan TMII ini digelar selama 3 hari, mulai 27 hingga 29 Oktober 2012.

Kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia ditampilkan. Sebut saja Upacara Randang Lingko dari Manggarai, NTT, Upacara Adat Dumaan dari Suku Dayak Kayaan Bahau di Kalimantan Timur, dan Ritual Kebo-keboan dari Banyuwangi.

Dalam acara pembukaan, sejumlah kesenian daerah mulai dipertunjukkan. Ada Reog Ponorogo asal Jawa Timur dan Topeng Ireng asal Gunung Merapi Yogyakarta. Banten pun turut memamerkan keseniannya lewat Upacara Saren Taun.

Menariknya, Gelar Budaya Nusantara 2012 juga dimeriahkan beragam kebudayaan asal mancanegara seperti Meksiko, India, Filipina, AS dan Venezuela.

Acara dimulai dari pagi hingga sore hari di Tugu Api. Malam harinya, dilanjutkan dengan pertunjukkan seni di arena panggung, tak jauh dari Tugu Api TMII.

Acara ditutup pada Senin (29/10/2012) dengan pertunjukan Angklung dari Banten, Rego dari Sulawesi Tengah dan Wayang Kampung Sebelah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s