Hanoi Akhirnya Kalahkan Surabaya

Wikipedia Stadion My Dihn, adalah salah satu sarana olahraga yang dimiliki kota Hanoi, Vietnam, yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2019.

MAKAU, KOMPAS.com – Dewan Olimpiade Asia (OCA), dalam sidang umumnya yang digelar di Makau, Kamis (8/11/2012), akhirnya memutuskan Hanoi menjadi tuan rumah Asian Games 2019.

Terpilihnya Hanoi ini sekaligus memupus harapan Surabayan untuk menjadi tuan rumah ajang multi cabang tebesar di Asia itu.

Kemenangan Hanoi ini cukup mengejutkan karena sebelumnya delegasi Indonesia yang dipimpin Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Subowo, yakin peluang Surabaya jauh lebih baik ketimbang Hanoi.

Peluang Surabaya semakin bagus setelah Dubai, yang awalnya mencalonkan diri, dicoret karena gagal memenuhi syarat-syarat administrasi.

Dengan mundurnya Dubai, awalnya delegasi Indonesia berharap delegasi dari negara-negara Timur Tengah akan mengalihkan dukungannya untuk Indonesia.

Selain itu, Indonesia bisa dikatakan lebih berpengalaman menyelenggarakan ajang multi cabang dibanding Vietnam.

Namun, Presiden OCA, Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah mengatakan pihaknya memberi tawaran kepada kota yang kalah untuk menjadi tuan rumah Asian Youth Games 2021.

“Saya menawarkan kepada Indonesia dan Vietnam bahwa siapa pun nanti yang tidak beruntung dalam pemilihan tuan rumah Asian Games 2019, maka secara otomatis menjadi tuan rumah Asian Youth Games 2021. Tawaran tersebut juga sudah diterima dengan baik oleh Vietnam,” katanya.

Jika Indonesia menerima tawaran ini, maka secara otomatis Surabaya akan menjadi tuan rumah Asian Youth Games 2021.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s