Rumah Miring Karya Arsitek Korea

Fallen Star karya arsitek keturunan Korea Selatan, Do Ho Suh. (Foto: AOL)

SAN DIEGO – Sebuah rumah di atap bangunan University of California San Diego’s (UCSD) Jacobs School of Engineering, Amerika Serikat, terlihat seperti jatuh dari langit.

Namun hal ini hanya tampak dari luar, karena sang arsitek, Do Ho Suh, memang ingin tampilan nyeleneh untuk rumah instalasi tersebut. Arsitek asal Korea Selatan tersebut membangun rumah yang dijuluki “Fallen Star/Bintang Jatuh”. Rumah ini menjadi seni instalasi seni terbaru dari UCSD’s Stuart Collection.

Rumah seluas 270 kaki persegi dengan desain New England tersebut berdiri dengan kemiringan 10 derajat di tepi atap bangunan. Dari kejauhan, “Fallen Star” tampak miring mengingat rumah ini ada di lantai ketujuh bangunan tersebut.

Yang menarik, rumah ini dilengkapi fitur yang ada di rumah tapak (landed house), seperti teras, halaman depan, dan teras belakang (yang menjadi taman di atap untuk bangunan kampus tersebut). Tamannya dilengkapi pepohonan yang hijau.

Menurut Suh, seni instalasi merupakan refleksi dari perasaannya ketika meninggalkan Korsel untuk belajar di AS yang “seolah-olah jatuh dari langit.”

Secara keseluruhan, proyek ini memakan waktu hingga tujuh tahun hingga selesai dengan biaya USD1,3 juta. Dana pembangun sebagian besar itu berasal dari pendonor dan sebesar USD90.000 dari National Endowments of the Arts. Pada 7 Juni, rumah ini siap menerima kunjungan masyarakat.

Seperti dikutip dari AOL, Rabu (20/6/2012), Suh tidak membuat bangunan ini dengan asal bikin. Suh telah membuat “Fallen Star” tahan gempa dan dapat menahan angin hingga kecepatan 100 mph.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s